Kamis, 19 April 2018

RPP Mapel Matematika Kelas 7 Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SMP Negeri  4 Tanjung Redeb
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester           : VII/Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
Alokasi Waktu            : 20 JP (8 Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik dapat:
1.      Membedakan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio) dan yang bukan.
2.      Menjelaskan tarif, kelajuan, kurs dari satuan yang berbeda.
3.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio).
4.      Menentukan perbandingan yang ekuivalen.
5.      Menjelaskan perbandingan senilai (proporsi) sebagai suatu pernyataan dari dua perbandingan yang ekuivalen 5 : 2 = 10 : 4.
6.      Membuat suatu perbandingan senilai untuk menentukan nilai x dalam 5 : 2 = 10 : x.
7.      Membedakan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan  menggunakan tabel, grafik dan persamaan.
8.      Menggunakan berbagai macam strategi termasuk tabel dan grafik untuk menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai.


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.9           Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda).
3.10       Menganalisis perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan.
3.9.1        Membedakan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio) dan yang bukan.
3.9.2        Menjelaskan tarif, kelajuan, kurs dari satuan yang berbeda.
3.9.3        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio).
3.10.1    Menentukan perbandingan yang ekuivalen.
3.10.2    Menjelaskan perbandingan senilai (proporsi) sebagai suatu pernyataan dari dua perbandingan yang ekuivalen 5 : 2 = 10 : 4.
4.9           Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda).
4.10       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik  nilai.
4.9.1        Membuat suatu perbandingan senilai untuk menentukan nilai x dalam 5 : 2 = 10 : x.
4.9.2        Membedakan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan  menggunakan tabel, grafik dan persamaan.
4.10.1    Menggunakan berbagai macam strategi termasuk tabel dan grafik untuk menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai.
C.     Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
·         Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran
·         Menentukan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
·         Memahami dan Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Senilai
·         Menyelesaikan Masalah Perbandingan Senilai pada Peta dan Model
·         Memahami dan Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Berbalik Nilai
2.      Materi pembelajaran pengayaan
3.      Materi pembelajaran remedial
D.     Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø  Metode Pembelajaran
©  Pendekatan                                   :  Scientific Learning
©  Model Pembelajaran         :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
Ø  Media Pembelajaran
©  Media LCD projector,
©  Laptop,
©  Bahan Tayang
Ø  Sumber Belajar:
©  Teks Siswa,
©  Buku Pegangan Guru,
©  Modul/bahan ajar,
©  Sumber internet,

©  Sumber lain yang relevan

KLIK DI SINI (Hasil lengkapnya)

0 komentar:

Posting Komentar