RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 4 Tanjung Redeb
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 20 JP (8 Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Selama dan
setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik dapat:
1.
Membedakan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan (rasio) dan yang bukan.
2.
Menjelaskan tarif, kelajuan, kurs dari
satuan yang berbeda.
3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan perbandingan (rasio).
4.
Menentukan perbandingan yang ekuivalen.
5.
Menjelaskan perbandingan senilai
(proporsi) sebagai suatu pernyataan dari dua perbandingan yang ekuivalen 5 : 2
= 10 : 4.
6.
Membuat suatu perbandingan senilai untuk
menentukan nilai x dalam 5 : 2 = 10 : x.
7.
Membedakan masalah perbandingan senilai
dan berbalik nilai dengan menggunakan
tabel, grafik dan persamaan.
8.
Menggunakan berbagai macam strategi
termasuk tabel dan grafik untuk menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.9
Menjelaskan rasio dua
besaran (satuannya sama dan berbeda).
3.10 Menganalisis
perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data,
grafik, dan persamaan.
|
3.9.1
Membedakan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan (rasio) dan yang bukan.
3.9.2
Menjelaskan tarif,
kelajuan, kurs dari satuan yang berbeda.
3.9.3
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio).
3.10.1 Menentukan
perbandingan yang ekuivalen.
3.10.2 Menjelaskan
perbandingan senilai (proporsi) sebagai suatu pernyataan dari dua
perbandingan yang ekuivalen 5 : 2 = 10 : 4.
|
4.9
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda).
4.10 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
|
4.9.1
Membuat suatu
perbandingan senilai untuk menentukan nilai x dalam 5 : 2 = 10 : x.
4.9.2
Membedakan masalah
perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan
tabel, grafik dan persamaan.
4.10.1 Menggunakan
berbagai macam strategi termasuk tabel dan grafik untuk menyelesaikan masalah
perbandingan senilai dan berbalik nilai.
|
C.
Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran regular
·
Memahami dan Menentukan
Perbandingan Dua Besaran
·
Menentukan Perbandingan
Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
·
Memahami dan Menyelesaikan
Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Senilai
·
Memahami dan Menyelesaikan
Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Berbalik Nilai
2.
Materi pembelajaran pengayaan
3.
Materi pembelajaran remedial
D.
Media, Alat, Bahan dan Sumber
Pembelajaran
Ø Metode
Pembelajaran
© Pendekatan : Scientific Learning
© Model Pembelajaran :
Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
Ø Media
Pembelajaran
© Media LCD projector,
© Laptop,
©
Bahan
Tayang
© Teks Siswa,
© Buku Pegangan Guru,
© Modul/bahan ajar,
© Sumber internet,
© Sumber lain yang relevan
KLIK DI SINI (Hasil lengkapnya)
0 komentar:
Posting Komentar